Halaman

Cari Blog Ini

Selasa, 19 Februari 2013

Migrasi kepiting merah

 

Bagi para pelancong yang juga gemar fotografi, coba bertandang ke Pulau Christmas, 2.600 km dari barat laut Perth, Australia. Pulau kecil ini menyajikan pemandangan pantai eksotik, menghadap Samudera Hindia. Pulau yang juga disebut sebagai rumah tumbuh bagi ratusan spesies binatang ini memiliki pemandangan paling unik bagi wisatawan. Menyaksikan migrasi kepiting merah. 

Mereka berpindah dari hutan ke pantai di musim kawin. Hampir setiap jalan yang membelah pulau ini benar-benar berubah seperti lautan kepiting. Dan bahkan ditutup aksesnya, untuk mempersilahkan kepiting-kepiting ini melenggang nyaman.

cristmast island

Musim perkawinan ini terjadi sekitar bulan Oktober atau November di setiap tahunnya. Terhitung sekitar 50 juta lebih kepiting merah bersiap menuju tempat berkembang biak.

Uniknya, mereka terbagi dalam dua kloter. Kepiting jantang memimpin di rombongan pertama, dan kepiting betina menyusul di belakang. Mereka membutuhkan waktu perjalanan selama lima hari untuk agenda migrasi ini. Terkadang perjalanan mereka juga terhambat cuaca seperti udara lembab dan hujan.
https://www.youtube.com/watch?v=LNKgh6TfWXo&feature=player_embedded

Kepiting betina akan mengamankan telur mereka ke dalam liang-liang kecil di pinggiran laut. Hingga telur tersebut menetas dan bayi kepiting berusia satu bulan, sang induk akan membawa mereka kembali ke hutan. Kepiting mungil seukuran lima millimeter ini akan menempati rumah barunya di semak-semak dan cabang-cabang pohon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar